Friday 31 May 2013

Aruiteru (berjalan)



"Hidup ini adalah perjalanan", sering kan kita mendengar kalimat itu? bahkan ada yang bilang kalau saat ini sebenarnya kita ini belum hidup, hanya saja sedang berada di perjalanan yang disebut sebagai arah menuju kehidupan. Setuju ga? yah, setuju ga setuju, yang pasti memang ada unsur "berjalan"nya sih :D
Mengapa aku tiba2 terpikir tentang "berjalan" ini? Saat ini aku sedang iseng2 aja ngunjungi blog ku yang kembali terbengkalai ini (ha3), lalu tanpa sadar sudah jam 12 malam lebih, waktu telah berjalan menjumpai hari baru. Iseng2 juga kulihat posting pertamaku di blog ini, ternyata bertema perjalanan juga :)
Dan berbicara mengenai "berjalan", ada satu lagu yang selalu menginspirasiku. lagu salah satu grup Jepang favoritku: Morning Musume. Comot dari wikipedia bentar:

"Aruiteru" (歩いてる Berjalan) Adalah singel ke 31 dari grup idola Jepang, Morning Musume. "Aruiteru" dirilis pada tanggal 8 November 2006. Singel ini terjual sekitar 55.694 kopi dan menduduki posisi nomor satu baik di chart harian maupun mingguan Oricon.

Dengan menduduki nomor satu chart lagu (di manapun itu) tentu lagu ini bukan lagu yang ecek-ecek, pasti ada keistimewaannya. Lalu apa sih keistimewaannya? Hmm.. menurut sudut pandangku aja yah (coz kalau menurut sudut pandang Obama susah, aku musti nanya2 ke doi, pake Inggris pulak -___-).
keistimewaan tentu di liriknya, yaitu berbahasa Jepang! (woi, serius woy!! *toyor diri sendiri) Iya, kan emang berbahasa Jepang.. woles, bro. Ya maksudnya, liriknya benar2 penuh makna, tak melulu tentang cinta2an, tapi dibalut dengan keceriaan dan optimisme. Jujur aja, tiap dengerin lagu ini ada semangat baru lagi yang muncul dariku, tak ada lagi gundah, bimbang, galau, berganti dengan optimis! eaaaaaakk


Gimana sih liriknya? langsung yang terjemahan Inggris aja ya. Ini yang nerjemahin langsung Obama lho. halah..

I’m walking
To the sky ahead of me
To a future I’ve yet to see
With love in my heart

Jumping to conclusions
Saying “You’re late”
Without listening
There’s always
Justice
Close your eyes
And you’ll get close enough
To hear
The songs of the world

I'm walking
I'm not alone
I've got everyone
I wished fervently for peace

I’m walking
Na na na…
Na na na…
Na na na…
I’m walking

“Young”
Is one kind
Of compliment
Before you know it
The time will come
When you’ll be able to smile
Those words
Make me feel better
Your words

I’m walking
To the sky ahead of my
To a future I’ve yet to see
Holding my love in my heart

I’m walking
Na na na…
Na na na…
Na na na…
I’m walking

I’m walking
Sha la la la la la la la
Sha la la la la la la la
La la la
Sha la la la la la la la
Let’s walk
Through the clear air
Through a fresh luxury
Through the ordinary nature…

I'm walking
I'm not alone
I've got everyone
I wished fervently for peace

I’m walking
Na na na…
Na na na…
Na na na…
I’m walking
Na na na…


Nah, bagi yang pengen terjemahannya, cap pos, ehh..cap cus ke gugel trenslet aja ya :p Yap, lirik yang tentunya jauh dari kesan galau kan? cocok deh buat yang pengen move on. hahaha. keistimewaan kedua, tentu dari videonya, di sini nampilin secuil pemandangan alam di Jepang, peternakan kuda dan pantai, yang sangat cocok kita lintasi sambil berjalan kaki, plus gadis2 kawaii personil Morning Musume nya, tambah asyik kalau mau nemenin kita jalan2 pastinya. ahh, dunia serasa lengkap.. :D
keistimewaan lainnya ya dari musiknya, easy listening, dinamis, modern, jauh dari kesan cengeng namun touching, khas musik2 J-Pop yang ceria namun mengena. Etapi, bagi yang ga suka musik Jepang, semua yang kukatakan tadi jelas tidak berlaku lho.. :)

Langsung ke TKP videonya aja yuk, cekidot dan mari berjalan!


"Aruiteru.. Hitori janai kara, minna ga iru kara.. setsu ni heiwa negatte.."

No comments: