Friday 16 May 2014

Balada Masakan Padang (jangan dibaca, ga menarik!)


Selamat jumpa lagi, para kolega..
Haduhh,, lama banget blog ini tertinggalkan tanpa kabar, sampai kaya rumah hantu. Maaf, akhir2 ini lagi sering syuting stripping, bagi yang sering nonton tipi, saya sering muncul di acara Lintas Kriminal #lha.. dasar penjahat. Iya, saya penjahat baju, pria, wanita, anak-anak maupun dewasa.. (Ge eR lo, Syam. lo posting ato ga juga ga ada yg peduli xD). Kangen ngeblog lagi, walo tulisan tanpa arti dan tanpa pembaca. wekekek,, -pukpuk blog- kasian deh lo, blog.. yg baca dikit :p

Postingan pertama setelah lama kosong apa ya sebaiknya? cuap2 aja deh ya. tapi cuap2 apa ya? aku speechless, padahal banyak yang bisa ditulis tapi kok seolah susah banget nentuin tema atau topik yang mau ditulis ya? (WOii!! katanya speechless tapi ngomong nyerocos kaya ibu2 dicurangi pas arisan!) ehh, ya maap. hehe.

hmm.. cerita tentang kuliner aja ya :9
Berawal dari seseorang yang cerita bahwa beliau tidak suka makanan Padang.. weit, aku langsung gumun, Gaes! Wait a second.. Do you know what's the meaning of gumun? if you don't,, I tell you it's similar of campuran antara takjub, ga percaya, heran, dan beberapa bahan lain ditumis bersama, masukkan sayuran dengan api kecil..

ini penampakan umum dari makanan Padang:


Padahal kan ya, makanan Padang, terutama rendang itu kan salah satu makanan terenak di dunia fana ini, Gaes.. makanya gumun aja, baru sekali ini aku ketemu orang yang ga suka makan rendang. Akhirnya kutanya deh, why? please tell me, dear.. don't let me down #halah..
Lalu katanya sih ada beberapa alasan. berikut ini beberapa poin alasannya:

1. asin
(duh, kebanyakan makanan (utama) kan memang asin, dear?)
2. di mana2 makanan Padang gitu2 aja, rasanya sama.. bumbunya sama
(hmm.. bener juga -angguk2 sambil kayang-) 
3. rasanya membosankan
(ngg.. selera sih ya, bagi yg bosan ya pasti bosan. Kalo aku ga pernah bosan tuh ngeliat wajahmu #halah)
4. terlalu berempah
(yg ini aku ga paham, berempah tu yg kaya gimana. kebanyakan makanan kalo udah nyampe mulutku tiba2 langsung nyampe lambungku sih. wekekek)
5. ga berasa seger
(maemnya harus sambil berendam di kolam pemandian air hangat sambil ditemani segelas jus jambu)
6. eneg
(Nha kalo udah gini mah menyangkut selera mungkin ya, jadi ya ga bisa diganggu gugat, panitia tidak menerima surat menyurat)

Begitulah.. tapi beliau melanjutkan, katanya kalo di rumahnya ga masak, ibunya sering akhirnya beli makanan Padang, makanya mau tak mau ya makan makanan itu. Tapi lagi (harusnya kata "tapi" ga boleh di awal kalimat, maafkan aku, pak-bu dosen bahasa Indonesiaku), beliau menambahkan, karena terpaksa makan, akhirnya disiasati dengan menambahkan satu bahan, satu formula ajaib yang membuatnya akhirnya bisa memakan makanan yang tidak disukainya tersebut.
bahan apa itu?? ............. kecap! ya.. kecap!! ............

Bagi yang belum tahu, ini penampakan kecap:





(sengaja dipilih kecap yang udah dituangin, biar ga dikira promosi)

 
Kecap?? Sejenak aku terpaku, sementara angin di luar mendesir sepoi2 membelai daun jendela. halah.. Aku pun penasaran setengah idup. Gimana rasanya masakan Padang dikasih kecapan manis (Itu kecupan manis, Tong!) oo ya, maap.. iya, kecap manis..
Dan akhirnya ku memantabkan diri mengunjungi Rumah Makan Padang Sederhana. Ya, karena yg sempurna hanyalah Tuhan Yang Maha Esa, rumah makan Padang pun hanya sederhana.. tak lupa kuselipkan kecap merk Ikan Hitam di tasku. merk nya anti mainstream banget ya? hehe..

ini penampakan Rumah Makan Padang Sederhana:


Nha, boong kalo aku bilang aku makan di situ, wong itu tulisannya di Bintaro. ngapain aku dari Jogja jauh2 ke Bintaro cuma mau ke Rumah Makan Padangnya? :/
Di Jogja aja banyak kok, dan sampailah aku di salah satu (di antara banyak) RM Padang di Jogja. Langsung saja kusapa mbak penjaganya, lalu terjadilah dialog seperti berikut:

*Mbak Penjaga Rumah Makan Padang Sederhana, disingkat MPRMPS.
*Aku yang Penasaran Rasa Makanan Padang Dicampur Kecap, disingkat AyPRMPDK.

MPRMPS          : (ngeliatin kedatanganku)
AyPRMPDK      : "Mbak, makan sini.." *tentu saja makan makanannya, bukan aku mau makan mbaknya*
MPRMPS          : (mengangguk)
AyPRMPDK      : (segera ambil piring, ambil nasi, dan segala sayur+lauknya)
MPRMPS          : (menatap nanar, seolah mengatakan: "Dasar kantong gandum, jgn ambil banyak2, Tong!")
AyPRMPDK      : (cuek) 
MMTMPRMPS : "Minumnya apa, Mas?"
AyPRMPDK      : "Es Jeruk aja"

Lha? tunggu dulu.. siapa ini MMTMPRMPS? Main nongol2 aja eksis di dialog. Rupanya MMTMPRMPS ini adalah Mas-Mas Teman Mbak Penjaga Rumah Makan Padang Sederhana.Dan begitulah, akhirnya aku nyari meja yang bisa nyaman makan sambil nonton tipi. (kayanya sudah SNI bahwa RM Padang harus ada tipinya)..
Setelah dapat tempat pewe, kukeluarin lah bahan tambahan yg bikin penasaran itu: Kecap cap Ikan Hitam!

ini penampakan kecap merk Ikan Hitam:


(Duh, akhirnya promosi juga, maaf, Gaes. lain kali kusensor deh. halah..)

Kupencet2 ituh kemasannya, karena ternyata guntingnya kurang dalem, lubangnya masih kecil.. fyuuh, bikin kerjaan aja dah, keburu laper! -___-
Alhamdulillah, sang kecap sudah terlumuri di permukaan makanannya. Saatnya menyantap!! (Jangan lupa doa dulu, Gaes..)
Sendok pun beraksi bak buldoser menggaruk tanah.. Apa yang terjadi? alamaaaakk... sensasi rasanya luar biawak! asin, pedes, gurih, ditambah manis. wow.. nyaman sekali di mulut. Kukunyah dengan bahagia, sambil sesekali menyeka air mata yang menitik (kalo yg ini lebay, abaikan saja)..
Akhirnya aku menyantapnya dengan berkali2 menuangkan cairan hitam kental berwarna kecap itu hingga tak bersisa di piring. Biarlah orang2 menatapku aneh, biarlah tukang koran menjajakan korannya di perempatan, biarlah matahari tetap menyinari bumi, ku tetap makan dengan bahagia..
Aaah... nemu satu lagi menu yang menyenangkan di lidah, mulut, dan perut. Terimakasih buat pemberi inspirasiku :*

NB: Rasa nikmat makanan tergantung pada syarat dan ketentuan berlaku..
Berikut ini syarat dan ketentuan berlakunya:
1. penyuka kecap
2. lidah normal

Nah, selamat mencoba!

*update berita: ternyata si kecap meler2 membasahi tasku gara2 mungkin kepencet2 di gendonganku :/

3 comments:

diozcempluk said...

wanita dan nasi padang itu tak pernah bersalah

Syam said...

Wah, bagaimana bisa begitu, Kisanak? :0

Unknown said...

Rindu kamu yg ini :')